Cara dan Syarat Membayar Pajak Kendaraan Bermotor

Cara dan Syarat Membayar Pajak Kendaraan Bermotor – Maraknya penjualan kendaraan bermotor di Indonesia membuat hampir setiap keluarga di berbagai wilayah di Indonesia memiliki kendaraan tersebut. Namun Indonesia adalah negara Hukum yang pastinya setiap kendaraan bermotor harus memiliki buku pemilik kendaraan bermotor atau BPKB dan juga surat tanda nomor kendaraan atau STNK. Semuanya berkas tersebut memiliki masa berlakunya sehingga anda sebagai penggunanya harus membayar biaya perpanjang, seperti bayar perpajang STNK atau bayar pajak STNK. Meskipun begitu, tidak semua masyarakat pengguna kendaraan bermotor tahu akan tata cara membayar pajak STNK, untuk itu di ulasan kali ini kami ingin berbagi informasi mengenai cara membayar pajak STNK terbaru 2017.

Untuk membayar dapat membayar STNK, maka anda harus tahu dulu apa syarat-syarat yang harus di bawa, karena akan sangat merepotkan nanatinya jika anda tahu syarat pembayaran pajak stnk setelah sampai di samsat. Untuk informasi selengkapnya silahkan lihat dibawah ini.

Cara dan Syarat Membayar Pajak Kendaraan Bermotor 1

Syarat Perpanjang Pajak STNK Tahunan

  • STNK yang Asli serta Fotocopynya
  • Fotocopy BPKB
  • KTP yang Asli serta Fotocopy nya yang sesuai dengan nama pada STNK dan juga BPKB

Syarat Perpanjangan Pajak STNK 5 Tahunan

  • Cek Fisik Kendaraan Bermotor
  • STNK Asli serta Fotocopynya
  • Fotocopy BPKB
  • KTP Asli serta Fotocopynya yang sesuai dengan nama pada STNK dan juga BPKB

Cara Membayar Pajak Kendaraan Bermotor :

1. Pertama – tama silahkan anda mengisi formulir permohonan perpanjangan STNK yang sudah sesuai dengan data di STNK dan juga BPKB. Formulir harus di isi lengkap serta harus dilampirkan berkas yang dibutuhakan, nah berkas-berkas yang dibutuhkan serta harus dilampirkan yakni:

2. Jika formulir telah selesai anda isi dengan lengkap, kemudian berkas tersebut silahkan anda serahkan pada Loket Penyerahan Berkas.

3. Tunggu beberapa saat hingga anda diber slip pembayaran yang telah dicantumkan didalamnya jumlah Pajak yang harus anda bayarkan.

4. Berikutnya silahkan anda menyerahkan Slip pembayaran dan juga uang untuk membayar dengan besaran biaya pajak yang tertera di slip .

5. Bila sudah melakukan pembayaran Pajak, nanti anda akan mendapatkan bukti pelunasan pembayaran pajak dan bukti pembayaran tadi silahkan anda serahkan ke loket tempat pengambilan STNK.

6. Selesai.

Sekian informasi yang bisa kami sampaikan kali ini mengenai Cara dan Syarat Membayar Pajak Kendaraan Bermotor. Semoga bermanfaat dan memberi gambaran tentang tata cara bayar pajak STNK.

Cara dan Syarat Membayar Pajak Kendaraan Bermotor | david tatto | 4.5