Cara Merubah Arus Kelistrikan AC ke DC Sederhana Pada Motor

Cara Merubah Arus Kelistrikan AC ke DC Sederhana Pada Motor – Kelistrikan AC merupakan kelistrikan dari lampu yang memang mengikuti putaran mesin, bila mesin motor nyala maka secara otomatis lampu motor juga menyala. Sedangkan untuk kelistrikan DC merupakan kelistrikan lampu motor yang tidak mengikuti putaran mesin, jadi lampu motor tersebut bisa di nyalakan walaupun mesin motor tidak di nyalakan, dengan begitu cahaya yang di hasilkan lebih stabil sebab tidak mengikuti perputaran dari mesin. Maka dari itu tidak sedikit para modifikator yang ingin mengubah arus kelistrikan dari Ac ke DC di motor milik mereka. Lantas, bagaimana cara mengubah kelistrikan tersebut? anda bisa melakukanya sendiri dengan melhat tutorial yang ada dibawah ini.

Cara Merubah Arus Kelistrikan AC ke DC

Alat dan Bahan  yang dibutuhkan :

  • Isolasi yang kuat.
  • Pisau Cutter
  • Test pen dc
  • Kabel-kabel sesuai kebutuhan

Cara Merubah Arus Kelistrikan AC ke DC Sederhana Pada Motor :

1. Pertama – tama yang harus dilakukan untuk merubah arus kelistrikan AC ke Dc sederhana pada motor adalah silahkan anda tentukan terlebih dahulu kabel mana saja serta warna apa saja yang akan mengisi jalur lampu bagian depan.

2. Nah untuk dapat mencari tahu kabel tersebut anda bisa membuka switch yang memiliki peran sebagai sakelar untuk dapat menghidupkan lampu kecil ( low beam ) serta lampu high beam ( high beam ) .

3. Biasanya untuk sepeda motor honda memiliki lampu yang berwarna kuning, sedangkan untuk sepeda motor yamaha memiliki lampu yang berwarna kuning serta suzuki biasanya memiliki lampu yang berwarna kuning serta putih.

4. Setelah itu yang harus anda lakukan adalah anda harus mencari tahu terlebih dahulu socket yang telah menghubungkan dari sisi bagian bawah ke bagian lampu besar.

5. Kemudian kabel untuk lampu depan yang tadi bisa anda lepaskan dari socket tersebut pada bagian sekunnya dengan cara mencongkel memakai obeng min.

6. Jika sekun berhasil anda lepas, lalu segera anda sambungkan kabel yang telah menuju sakelar on ataupun off lampu ke dalam aki serta bisa juga dijumper ke dalam kunci kontak.

7. Selanjutnya silahkana anda lakukan hal ini dengan teliti serta jangan sampai salah dalam sambung – menyambungkan kabel-kabel tersebut sebab pada umumnya akan ada dua kabel dan silahkan anda pilih yang pada umumnya serta biasanya kabel berwarna hitam untuk sepeda motor honda, kuning dengan adanya garis oranye untuk sepeda motor suzuki serta merah dengan andanya garis hitam untuk sepeda motor yamaha.

8. Bila semua cara diatas telah selesai anda lakukan, silahkan anda sudah bisa memulai memasang kiprok ( bila diperlukan ) serta kabel yang sebelumnya telah disambungkan tadi jangan lupa untuk anda isolasi untuk bisa menghindari korsleting.

Baca juga : Tutorial Cara Menyetel Rantai Keteng Kamprat Pada Motor

9. Berikutnya anda harus dapat memeriksa voltase yang telah dihasilkan, jika saat hid motor dinyalakan bila diatas 12.4V maka dapat dipastikan aki sepeda motor anda akan awet serta tidak akan tekor.

10. Selesai.

Itulah informasi dari kami mengenai Cara Merubah Arus Kelistrikan AC ke DC Sederhana Pada Motor. Semoga bermanfaat dan bisa menjadi inspirasi buat anda yang ingin merubah arus kelistrikan dari ac ke dc pada motor.

Incoming search terms:

  • cara mengubah arus lampu ac ke dc honda
Cara Merubah Arus Kelistrikan AC ke DC Sederhana Pada Motor | david tatto | 4.5