Cara Perbaiki Rantai Keteng Satria FU Bunyi Berisik

Cara Perbaiki Rantai Keteng Satria FU Bunyi Berisik – Hadir dengan spesifikasi canggih, tidak menutup kemungkinan jika motor satria fu ini bakal mengalami permasalahan. Yapz, selang 6 bulan kedepan bila tidak dirawat dengan baik tentu motor satria akan mengelami permasalahan. Nah, permasalahan yang biasanya muncul pada satria FU 150 ini bersumber dari sisi rantai timing, atau bahasa umumnya rantai keteng. Lalu Kenapa sih bisa berakibat bunyi berisik? Penyebab rantai keteng bunyi berisik bisa dari rantainya yang sudah ‘uzur’ bin melar, kemudian sproket (gir)-nya yang aus, atau juga karena stelan rantainya yang memang tidak pas lagi alias butuh stel ulang agar lebih pas dan kenceng.

rantai keteng satria fu bunyi

Nah untuk solusinya memang cukup sederhana, dan sebelum diotak atik silahkan dicek cam chain tension adjuster-nya atau lebih gampangnya cek alat penyetting atau penyetel otomatis rante keteng. Apakah memang masih berfungsi atau malah tidak. Bila sudah tidak berfungsi ya memang harus diganti. Jika masih berfungsi, maka perlu distel ulang tensionernya. Nah, bila masih bingung berikut kami paparkan cara cek tensioner.

Cara Cek Tensioner

  1. Pertama Buka Cam Chain Adjuster Tensioner yang ada dari tempatnya. Pakai torsi atau kunci no 8.
  2. Bila sudah dibuka, dengan memakai obeng ( – ) masukkan pada celah tegangan rantai cam serta putar searah dengan jarum jam guna mengendorkan tegangan, lalu lepaskan obeng ( – ).
  3. Guna memastikan suatu gerakan batang penekannya, jika batang penekannya macet atau mekanisme pegasnya yang rusak ya kudu diganti penyetel tegangan rantai ketengnya.

OK, saat ini katakanlah cam chain tensioner adjuster yang memang masih berfungsi. Nah, kemudian anda pasang kembali cam chain tensioner adjusternya, bila anda bingung berikut caranya

  1. Sebelum mulai memasang, anda pastikan pegas penegang telah dikunci. Caranya dengan obeng (-) yang kemudian di putar searah dengan jarum jam.
  2. Putar Crankchaft di arah yang normal guna menghilangkan tidak kencengnya rantai antara crank sproket serta exhaust sproket.
  3. Setelah sudah memasang cam chain tension adjuster, kemudian putar obeng (-) berlawanan dengan arah jarum jam. Pada waktu cam chain tension adjuster tersebut berputar batang penegang bakal terdorong oleh sebuah daya pegas dan juga menekan cam chain tension adjuster tersebut yang sekaligus bakal menekan rantai cam.

Nah, speerti itu yang dapat kami papar untuk Cara Perbaiki Rantai Keteng Satria FU Bunyi Berisik. Semoga bermanfaat.

Cara Perbaiki Rantai Keteng Satria FU Bunyi Berisik | Daiz Supyandi | 4.5