Mengenal Fungsi, Komponen dan Cara Kerja Transmisi Manual

Mengenal Fungsi, Komponen dan Cara Kerja Transmisi Manual –  Sistem transmisi, merupakan salah satu sistem dalam kendaraan bermotor yang memiliki fungsi sangat vital, peranya berpengaruh besar pada  kecepatan putaran roda. Pada kesempatan kali ini tim author galerimodif.com ingin berbagi informasi mengenai Transmisi manual, fungsinya, komponen beserta cara kerjanya.

Perlu kita ketahui bahwa Fungsi Transmisi Manual ini adalah untuk melakukan konversi torsi dan juga kecepatan (putaran) dari mesin hingga menjadi torsi serta kecepatan yang berbeda-beda yang kemudian diteruskan pada penggerak akhir. Konversi seperti ini yang mengubah kecepatan putar dari yang tinggi hingga menjadi lebih rendah namun lebih bertenaga, begitupun sebaliknya.

Transmisi Manual

Komponen Transmisi Manual

1. Transmission Case, selaku tempat berdiamnya berbagai komponen transmisi

2. Shift Fork, sebagai garfu untuk memindahkan gigi

3. Input Shaft, memiliki fungsi meneruskan putaran dari kopling ke transmisi

4. Counter Gear, dapat meneruskan putaran dari input shaft pada gigi percepatan

5. Gigi percepatan, mempunyai fungsi guna merubah momen yang diperoleh mesin sesuai dengan kebutuhan (beban mesin dan kondisi jalan)

6. Hub Sleave, memiliki fungsi untuk dapat mengunci singkromes dengan gigi percepatan sehingga output shap dapat perputar dan berhenti

7. Sinkronizer ring / Singkromes, memiliki sebagai part transmisi yang memungkinkan perpindahan gigi dalam transmisi bisa bekerja/hidup

8. Reverse Gear, mempunyai fungsi selaku gear perubah arah putaran output shaft dengan begitu memungkinkan kendaraan tersebut bergerak mundur

9. Main Bearing, selaku bantalan output shaft
Output shaft, mampu meneruskan putaran yang berasal dari transmisi pada propeller shaft

10. Extension Housing, selaku penutup output shaft sekaligus menjadi tempat dudukan tongkat perseneling.

Cara Kerja Transmisi Manual

1. Posisi Netral (N)

Merupakan posisi dimana transmisi kendaraan dalam keadaan bebas dan tidak terkait dengan penggunaan gigi.

2. Posisi Gigi 1

Bila tuas ditekan ke arah kiri kemudian ditarik ke belakang maka gear selection fork akan menghubungkan unit sincromesh untuk berkaitan dengan gigi tingkat 1. Posisi 1 akan memperoleh putaran yang lambat namun momen pada poros out put semakin besar.

3. Posisi Gigi 2

Tuas kemudian ditekan kearah kiri lalu didorong ke depan maka selector fork nakalan menggerakan hub sleave dengan begitu unit sincromesh berkaitan dengan roda gigi tingkat no 2. Posisi 2 putaran poros out put ini lebih cepat dari pada posisi 1.

4. Posisi Gigi 3

Bila tuas ditarik lurus menuju ke belakang kemudian selector fork tersebut akan menggerakan hub sleave dengan begitu menghubungkan unit sincromesh guna dapat berkaitan dengan gigi tingkat 3. Pada Posisi 3 ini akan memperoleh putaran yang cepat dari pada posisi 2.

5. Posisi Gigi 4

Tuas didorong dengan lurus ke depan lalu selector fork bakal menggerakan hub sleave dengan begitu unit sincromesh berhubungan bersamaan roda gigi tingkat no 4. Posisi 4 ini putaran poros out put lebih cepat dari pada posisi 3.

Demikian informasi yang bisa kami bagikan kali ini mengenai Mengenal Fungsi, Komponen dan Cara Kerja Transmisi Manual. Semoga bermanfaat.

Mengenal Fungsi, Komponen dan Cara Kerja Transmisi Manual | david tatto | 4.5