Share! Fungsi Relay Pada Motor dan Mobil

Fungsi Relay Pada Motor dan Mobil – Rellay adalah sebuah komponen elektronik nan terdiri dari dua bagian elektromagnetik yakni kumparan serta kontak point. Jika membahasnya lebih ringkas relay juga dapat diartikan sebagai komponen yang berguna untuk mengalirkan arus listrik yang besar menggunakan kendali listrik yang berasal aurs listrik yang kecil. Ada banyak variasi relay seperti Fungsi relay, fungsi relay pada motor, fungsi relay pada mobil, fungsi relay pada lampu, gambar relay, kegunaan relay di sepeda motor, Kegunaan relay, relay sepeda motor, fungsi relay pada sepeda motor, fungsi relay klakson, fungsi relay starter, fungsi relay pada klakson mobil, fungsi relay pada alarm motor dan kegunaan relay pada lampu motor.

Maka dari itu penggunaan relay juga bisa diterpakn pada kendaran motor dan juga mobil, dengan letak seperti pada lampu, alarm, klakson. Pada dasarnya relay memiliki 4 terminal yaitu 30 dan juga 87 dengan kontak langsung pada terminal 85 dan 86. Nah, sebagai gambaran, dibawah ini kami juga ingin memaparkan cara penggunaan relay yang benar.

Fungsi relay

                     Contoh Relay 4 Kaki

Disamping memiliki 4 terminal namun juga terdapat yang mempunyai relay 5 kaki atau terminal, relay 6 kaki atau terminal dan lainsebagainya. Jika dilihat dari metode kerjanya hampir sama namun bedanya adalah pada bagian kontak pointnya. Piranti relay pada dasarnya terbagi menjadi 2 relay  yaitu relay normaly open serta relay normaly close. Relay normaly open adalah saat normal ataujuga  tidak terdapat aliran arus listrik nan mengalir ke terminal 85 serta 86 jadi pada terminal 87 serta 30 ini tidak terhubung. Nah, untuk relay normaly close pun sebaliknya, ketika posisi keadaan normal yakni terminal 85 serta 86 atau yang mengarah ke kumparan elekromagnetik itu tidak dialiri dengan arus listrik, jadi pada terminal 30 serta 87 bakalan terhubung.

Cara penggunaan Relay pada Motor dan Mobil dan Fungsi Relay

Fungsi Relay untuk Lampu Motor dan Mobil

Semakin bertambah besarnya daya tahan dalam komposisi headlamp, tentu akan membuat lampu motor atau mobil menjadi redup. Nah, untuk mengatasi lampu motor dan mobil redup anda bisa dengan memakai relay. Untuk prinsip kinerjanya pastikan jika arus listrik yang berasal dari baterai atau juga aki langsung saja dialirkan ke headlamp lewat terminal 87 dan30 relay. Dengan begitu maka nyala lampu motor dan mobil akan lebih terang.

Fungsi Relay untuk Alarm Motor dan Mobil

Ada yang pernah tahu jika relay bisa digunakan untk membuat alarm motor dan mobil. Yap hampir sama dengan prinsip kerja relay diatas, jika penggunaan arus listrik yang ada didalam mesin motor dan mobil bisa dimanfaatkan untuk mengalirkan ke alarm. Dengan begitu maka akan membuat motor dan mobil lebih terkordinir.

Fungsi Relay untuk Klakson Mobil dan Motor

Selain itu relay juga dapat digunakan untuk menciptakan suara yang berasal dari aliran arus listrik baterai sehingga terdengar lebih nyaring. Proses penataanya hampir sama dan tentu akan lebih mudah jika langsung konsultasi dengan ahlinya.

Fungsi Rekay untuk Starter

Terakhir, relay juga berfungsi untuk starter motor dan juga mobil. Penggunaan starter mobil memang tidak selamanya akan tahan lama. Namun jika anda bermasalah dengan starter motor dan mobil anda bisa memanfaatkan relay untuk dijadikan sebagai starter.

Seperti itu informasi kali ini mengenai fungsi relay dan cara penggunaanya. Semoga bermanfaat dan bisa memberi anda gambaran tentang penggunaan relay.

Share! Fungsi Relay Pada Motor dan Mobil | Daiz Supyandi | 4.5