Tips Membuat Motor Matic Supaya Kuat Di Tanjakan

Tips Membuat Motor Matic Supaya Kuat Di Tanjakan – Motor matic merupakan variasi jenis kendaraan bermotor yang memang diciptakan untuk kalangan kaum hawa. Sistem dapur pacunyapun berbeda dengan motor umumnya yang tidak memiliki gear sehingga lebih mudah untuk dikendarai. Perlu danda ketahui, bahwa sebetulnya motor jenis skutik ini awalnya dirancang untuk alat transportasi yang di perkotaan dengan jalan cenderung datar. Hal ini yang diterangkan langsung oleh team ahli produksi motor tersebut, sistem transmisi CVT atau continuous varable transmission memang pada dasarnya lebih cocok di kontur jalan yang datar. Namun pada kenyataannya skutik juga disukai di daerah-daerah tertentu yang juga termasuk daerah perbukitan dengan adanya tanjakan-tanjakan.

tipa-agar-motor-matic-kuat-di-tanjakan

Menurut ahli mekanik, kondisi motor matic sebenarnya butuh torsi besar pada putaran tengah. Karena umumnya ketika mesin berakselerasi di tanjakan, maka putaran mesin cenderung dikondisikan pada putaran segitu. Ini hanya berlaku untuk semua merek skutik, mau itu motor mio, motor vario, motor scoopy, dan lain sebagainya. Untuk dapat meningkatkan torsi di putaran tengah tersebut, dapat dilakukan dengan cara mengubah atau mengganti roller dengan yang beratnya lebih ringan 2 gr dari standar bawaan motor dengan cara merata. Jangan sampai diselang-seling, sebab hal tersebut cenderung akan membuat vibrasi.

Sebagai contoh di motor Vario standarnya menggunakan 13 gram (6 buah), maka semuanya diganti dengan yang 11 gram. Disamping itu, celah klep dibuat agak rengang sedikit pada bagian ex-nya. Bila kerenggangan klep ex standarnya 0,25 mm, silahkan coba renggangkan hingga jadi 0,26 0,27 mm. Jangan sampai lebih, karena hal tersebut akan membuat mesin motor jadi lebih berisik. Dan yang mesti diperhatikan juga ialah cara ngegasnya. Gunakan metode partial opening throttle atau grip gas diurut. Jangan sampai langsung dipelintir dalam, sebab hal tersebut akan membuat rasio bukaan puli hingga menjadi terlampau berat dengan begitu lari motor jadi seperti ngeden.

Selain dari itu, grip gas diurut dulu secara pelan-pelan hingga putaran tengah serta tahan sebentar sampai kecepatan konstan, lalu dipelintir dalam (wide open throttle). Guna menghindari mesin cepat overheat dikarenakan kerap digeber pada tanjakan ekstrem, kami menganjurkan untuk dapat menaikkan main jet 1 step. Cara simpelnya akan kami ulas dalam bentuk tutorial dibawah ini.

1. Cara yang paling simpel untuk mengakali torsi pada putaran tengah buat motor standar yakni dengan mengubah roller pakai yang bobotnya lebih ringan 2 gram secara merata.

2. Untuk Celah klep ex sebaiknya lebih dilonggarakan sedikit hingga sekitar 0,01 – 0,02 mm.

3. Dalam membuka gas ada baiknya diurut sampai putaran tengah, lalu kemudian dipelintir dalam.

4. Untuk Ukuran spuyer, khususnya main jet ada baiknya dinaikkan satu step buat menghindari mesin cepat overheat sebab keseringan nanjak ekstrem.

5. Kemudian untuk Cara yang paling andvance yakni upgrade performa mesin, termasuk bore-up kapasitas silinder agar tenaga dan kemudian torsi meningkat. Sehingga akan lebih kuat dalam melintasi medan yang berbukit.

Baca juga : Cara Meningkatkan Performa Dan Kecepatan Yamaha Byson Agar lebih Kencang

Itulah informasi yang dapat kami bagikan kali ini mengenai Tips Membuat Motor Matic Supaya Kuat Di Tanjakan. Semoga bermanfaat.

Tips Membuat Motor Matic Supaya Kuat Di Tanjakan | david tatto | 4.5