Tutorial Cara Menyetel Rantai Keteng Kamprat Pada Motor

Tutorial Cara Menyetel Rantai Keteng Kamprat Pada Motor – Motor dengan pemakaian mesin 4 tak, tentu akan ada penggunaan rantai keteng didalamnya. Rantai keteng atau yang di sebut kamprat ini berfungsi selaku penghubung dari engkol hingga ke bak mesin serta noken as di kop silinder. Mengingat begitu pentingnya penggunaan rantai keteng, maka kita juga harus merawatnya, agar kamprat bisa berfungsi dengan stabil. Rantai keteng yang bermasalah umumnya mengeluarkan suara yang berisik serta kendur, maka dari itu perlu melakukan penyetelan ulang agar fungsi dan kinerjanya tetap stabil. Nah di pertemuan kali ini kami ingin berbagi mengenai cara menyetel kamprat atau rantai keteng di motor 4tak, simak informasinya dibawah ini.

Keteng Kamprat Pada Motor

Cara Menyetel Rantai Keteng Kamprat Pada Motor

1. Cara pengecekan Posisi Top

  • Silahkan anda terlebih dahulu membuka bagian penutup tanda top yang terletak di bak maghnit. Anda harus memastikan posisi huruf T pada bak maghnit tersebut sudah sejajar dengan garis atau pun coakan yang berada di bak maghnit.
  • Selanjutnya silahkan anda buka bagian penutup gigi atau gear timming yang terletak di kop silinder. Kemudian silahkan anda periksa untuk memastikan agar letak tanda titik yang terdapat pada gear telah berada di posisi yang tepat yaitu sejajar dengan coakan pada kop silinder tersebut.
  • Setelah itu bukalah bagian penutup klep. Anda harus usahakan posisi top pada kedua rocker arm ataupun temlar telah berada di level netral dan tidak menekan klep.
  • Berikutnya bukalah bagian busi untuk mengecek apakah posisi piston sudah berada di atas TMA atau Titik Mati Atas apakah  belum. Harus anda ingat saat kedudukan top, maka posisi piston harus ada di atas TMA.

2. Cara untuk melepasankan Rantai Keteng

  • Langkah pertama silahkan anda lepaskan terlebih dahulu pada bagian bak maghnit, maghnit, gear starter, serta komponen-komponen lainnya yang berada di dalam bak maghnit.
  • Selanjutnya silahkan anda lepaskan pula baut gear timming yang berada pada kop silinder, kemudian silahkan anda lepaskan bagian penekan rantai keteng ataupun automatic timming . Dan barulah setelah itu, Anda dapat melepaskan rantai keteng tersebut.

Baca juga : Penyebab dan Cara Mengatasi Oli Motor yang Rembes Bocor Dari Bawah Blok Mesin

3. Cara untuk memasangan Rantai Keteng

  • Pertama – tama anda harus memastikan posisi rantai keteng berada di kedudukan paling atas, lalu silahkan anda pasangkanlah rantai tersebut serta atur posisinya sedemikian rupa dengan tepat.
  • Selanjutnya jika proses pemasangan rantai keteng telah selesai, silahkan Anda cek ulang hasil pemasangannya terlebih dahulu terutama pada bagian setelah klep apakah sudah benar ataukah belum.
  • Jika setelan klep masih salah, anda perlu mengatur ulang hingga setelah klep benar khusus pada bagian klep tersebut saja.

Itulah ulasan detail terkait Tutorial Cara Menyetel Rantai Keteng Kamprat Pada Motor yang bisa kami bagikan kali ini. Semoga bermanfaat.

Incoming search terms:

  • cara mudah menyetel keteng mx
Tutorial Cara Menyetel Rantai Keteng Kamprat Pada Motor | david tatto | 4.5